Apel peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga

Selasa, 28 Januari 2020

      Apel peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga dihadiri jajaran pemerintah Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, para Veteran, Pimpinan Ormas, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama dan undangan lainnya. Bertempat di lapangan Bola Pertamina EP Aset 5 Field Sangasanga, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Upacara Parade Peristiwa Merah Putih digelar pada hari Senin 27 Januari 2020.

     Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. hadi Mulyadi menjadi Inspektur upacara, dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan sekaligus berpesan kepada generasi muda saat ini untuk terus mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan untuk generasi yang lebih tua untuk memberikan iformasi dan pengetahuan sejarah kepada generasi muda, dengan harapan para generasi penerus ini tidak mudah di pengaruhi paham asing.

     Beliau mengingatkan bahwa dengan keberagaman suku serta enam agam yang ada di Indonesia menjadi resiko besar sebuah Negara terpecah belah, seperti yang terjadi di beberapa Negara kecil. Isu SARA yang menjadi asal mula perpecahan. Sehingga kita warga Sangasanga khususnya yang 73 Tahun menjaga persatuan, harus bersukur dengan keberagaman ini kita msih tetap bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI. Diakhir upacara dilanjutkan dengan pemberian syal merah putih kepada Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi, para veteran, ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kukar serta Bupati Kutai Kartanegara. 

     Setelah Upacara, ditempat yang sama, para undangan dan pengunjung yang hadir menyaksikan pertunjukan Opret yang menggambarkan Perjuangan Peristiwa Merah Putih Sangasanga 27 Januari 1947 tahun silam. Selanjutnya, setelah upacara selesai, Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Privinsi Kaltim dan Kukar, rombongan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Wadah Betuah, Kecamatan Sangasanga. para penjiarah melakukan doa bersama serta menaburkan bunga pada makam pahlawan yang gugur pada 1947 silam.

Simpan sebagai :

Berita terkait :