Berwisata Di Kampoeng Wisata Putak

Selasa, 1 Desember 2020

       Putak adalah sebuah dusun di Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Desa Loa Duri Ilir sedang giat-giatnya mengembangkan potensi pariwisatanya, khususnya di Dusun Putak yang memiliki destinasi alam dan atraksi wisata yang menarik minat pengunjung.  Di Kampoeng Wisata Putak terdapat Batu Dinding Tapa. Wisata alam Batu Dinding ini berupa tebing bebatuan yang dikelilingi hutan rimbun yang lebat. Saat matahari terbit dan terbenam merupakan waktu yang tepat sekaligus menikmati pemandangan alam hutan Borneo dari ketinggian Batu Dinding Tapa.

       Selain Batu Dinding Tapa, terdapat juga wisata alam berupa Air Terjun Jantur Bukit Sekilo dan Goa Maria Bukit Rahmat sebagai salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain menawarkan keindahan alamnya, Kampoeng Wisata Putak juga menyajikan wisata budaya, seperti Pentas Seni Tari Dayak Tunjung-Benuaq dan Workshop kerajinan tangan Sulam Tumpar yang dapat disaksikan di Lamin Adat Dusun Putak setiap hari Minggu pukul 14.00-17.00 WITA.

       Kemudian ada juga upacara adat yang dilaksanakan pada waktu tertentu dan event tahunan Festival Panen Padi Gunung dan Nutuq Bahapm yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 21-24 Maret. Festival Panen Padi Gunung dan Nutuq Bahapm merupakan suatu cara suku Dayak Tunjung-Benuaq dalam memanen padi gunung. Kebiasaan membuat Bahapm (kuliner dari Ketan Muda) merupakan wujud syukur masyarakat suku Dayak Tunjung-Benuaq kepada Tuhan atas hasil panen. Protokol kesehatan juga diterapkan selama masa pandemi covid-19 seperti saat ini bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Simpan sebagai :

Berita terkait :