Berwisata Religi di Kutai Lama

Sabtu, 3 Agustus 2019

     Kutai Lama yang berada di Kecamatan Anggana Kab Kutai Kartanegara, Kecamatan ini merupakan daerah yang memang memiliki banyak sejarah sehingga banyak orang- orang atau para wisatawan khususnya yang datang ingin melihat peradaban Kutai hingga berziarah ke makam - makam para penyebar islam di tanah Kutai disini.

      Desa Kutai Lama Kabupatan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur  merupakan salah satu kawasan bersejarah yang menjadi salah satu obyek wisata religi bagi sejumlah warga baik dari Kaltim maupaun dari luar Pulau Kalimantan. Desa ini masih belum terkenal sebagai kawasan wisata. Wilayah ini menjadi salah satu desa di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kukar, dibawah Kesultanan Kutai Kartanegara yang dikenal dengan sejarah Kerajaan Hindu-Budha yang pertama di Indonesia.

    Sedikitnya ada tiga makam yang menurut warga sekitar sebagai makam kramat. Yakni makam Sultan Aji Mahkota, makam Sultan Aji Dilanggar dan Makam Habib Tunggang Parangan. Ketiga makam tersebut berada di lokasi yang tak berdekatan. Masing-masing memiliki memiliki cerita sejarah terkait dengan Kerajaan Kutai.

     Ketiga makam Sultan tersebut sering diziarahi oleh penziarah yang biasa berwisata ziarah selain pergi ke Banjar, karena ketiga makam sultan ini merupakan salah satu riwayat penyebaran agama Islam di tanah Kutai.

Simpan sebagai :

Berita terkait :