Desa Muara Enggelam Punya Wisata Unik

Jumat, 16 Agustus 2019

      Muara Enggelam, sebuah desa yang berada di Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara ini setiap tahunnya terus berbenah. Tepatnya pada perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di tahun 2019 ini, Desa Muara Enggelam mempercantik dengan mengecat gerbang utama dan mendesainnya dengan lebih menarik, gerbang utama ini berfungsi sebagai pemecah ombak maupun penahan gulma atau yang biasa orang setempat tahu yaitu kumpai. Dengan cantiknya gerbang utama di Desa Muara Enggelam, membuat Desa Muara Enggelam dikenal masyarakat luas melalui media cetak maupun media sosial yang tertarik meliput.

      Untuk mencapai Desa Muara Enggelam, ada dua jalur yang bisa dilalui, lewat Kota bangun dan Muara Muntai. Kalau lewat Kota Bangun, dari Kecamatan Tenggarong ke Kota Bangun biasanya menempuh jarak sekitar 2 jam, setelah itu dari Kota Bangun bisa naik perahu ke Muara Enggelam dengan menempuh waktu kurang lebih 2 jam juga. Sekitar 4 jam keseluruhan perjalanan menuju Desa Muara Enggelam, tetapi kadang kala bisa lebih tergantung situasi saat perjalanan semisal istirahat sejenak, bertemu gelombang yang cukup besar di Desa Kenohan saat perjalanan, dan kalau air tuhur/surut membuat perahu sering tersangkut akibat surutnya air.

       Kalau melewati Muara Muntai, dari Kecamatan Tenggarong ke Muara Muntai sekitar kurang lebih 3 jam. Biasanya orang-orang turun di Desa Kuyung atau Oloy yang masih masuk kawasan Kecamatan Muara Muntai. Dari desa tersebut bisa naik perahu ke Muara Enggelam dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, totalnya kurang lebih 4 jam.

      Jarak yang cukup jauh tidak membuat Muara Enggelam menjadi desa yang kurang diminati, Desa Muara Enggelam populer diberbagai media sosial dengan view instagramable memperlihatkan background gerbang utama yang dipoles cantik semakin membuat Desa ini dikenal masyarakat hingga wisatawan asing, bahkan beberapa kali tayang di televisi Nasional yang menceritakan tentang kearifan lingkungan asri tetap terjaga membuat Desa Muara Enggelam semakin dikenal. Nantinya Desa Muara Enggelam ini akan dijadikan kampung warna warni sehingga membuat desa ini semakin berinovasi untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung.

Simpan sebagai :

Berita terkait :