Festival Budaya Kampoeng Wisata Putak 2021 Dimasa Pandemi

Jumat, 26 Maret 2021

       Acara event Panen Padi & Nutuk Bahapm Kampoeng Wisata Putak 2021. Walau masih dalam situasi pandemi Covid-19, acara ini dilaksanakan secara offline dengan terbatas. Hal yang membanggakan walau di Dusun Putak jaringan GSM/Signal tidak terjangkau, namun daya upaya dilakukan sehingga dapat melaksanakan Virtual Live Event (Online). Event tahun ini dilaksanakn pada 22 - 23 maret 2021 kemarin, dengan beberapa agenda antara lain : Panen padi bersama antara wisatawan dengan masyarakat dan pengunjung lainnya menggunakan Gentuk (Ani - Ani). Diawali dengan ritual Adat Petik Merik, dilanjutkan dengan pembuatan Bahapm, permainan tradisional, pentas seni tari Dayak Tunjung - Benuaq, wisata alam Batu Dinding Tapa, Wisata Rohani Goa Maria Bukit Rahmat dan diakhiri dengan Workshop kerajinan tangan (Sulam Tumpar).

       Mewakili segenap masyarakat Desa Putak, ketua panitia, Jerry mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat langsung dan mendukung pelaksnaan event kali ini. “Saya ucapkankan terimakasih atas semangat dan bantuan dari para masyarakat Dusun Putak, terutama Exotic Kaltim, Mahakam Explore, dan Pokdariws Terat Budaya serta dukungan dari Lembaga Adat Desa Loa Duri Ilir, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur”, Ucapnya.

       Kepala Desa Loa Janan Ilir, Fakhri Arsyad juga ikut menyampaikan sesuatu yang dapat dipetik dari penyelenggaraan Festival Budaya Panen Padi & Nutuq Bahamp yang dilaksankan di tengah Pandemi Covid-19 ini. “berbagai pelajaran yang dapat kita ambil dari terselenggaranya kegiatan ini, karena program kalender wisata harus tetap harus berjalan meski dimasa pandemi. Kita dituntut untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk mengingkatkan wisatawan salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan secara online untuk memudahkan jangkauan masyarakat.” Jelas Fakhri.

       Adapun pihak yang terlibat dalam acara Nutuk Bahapm antara lain Pemerintah & Masyarakat Dusun Putak serta Pemerintah Desa Loa Duri Ilir, Lembaga Adat Dayak Tunjung Benuaq Ds.Loa Duri Ilir dan Kab.Kutai Kartanegara, Dinas Pariwisata Kab.Kutai Kartanegara, Dinas Pariwisata Prov.Kalimantan Timur, Mahasiswa S1 Pemerintahan Integrati UNMUL, Exotic Kaltim, Mahakam Explore, CSR PT.ANUGERAH BARA KALTIM & MITRA KERJA. PT.PAMAPERSADA NUSANTARA, PT.RPP CONTRACKTORS INDONESIA, PT.NUSA PERDANA INDAH, PT.KPP, TVRI KALTIM dan  sluruh Wisatawan & pengunjung.

Simpan sebagai :

Berita terkait :