Festival Jembayan Kampong Tuha 2018

Selasa, 20 Maret 2018


Festival Jembayan Kampong Tuha 2018 yang telah masuk dalam kalender event Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, kembali di gelar di Panggung Terbuka Aji Pangeran Sinom Panji Mendapa di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu. Pembukaan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kab Kutai Kartanegara bapak Supriadi, unsur Musawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Loa Kulu, Kepala Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara Dra. Sri Wahyuni. MPP., perwakilan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Loa Kulu.

Kepala Desa Jembayan Samsu Arjali mengatakan kegiatan ini berguna menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal yang ada di Desa Jembayan, kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi masyarakat, dimana tahun ini merupakan tahun ketiga dalam penyelengaraan Festival Jembayan Kampong Tuha. Dalam kesempatannya Camat Loa Kulu H Adriansyah mengatakan Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan melalui gotong royong ini, apalagi kegiatan ini telah teragendakan dalam kalender event tahunan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemukulan gong oleh Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Heldiansyah sebagai tanda di bukanya Festival Jembayan Kampong Tuha 2018, dalam kesempatannya Plt Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Heldiansyah mengatakan kegiatan tersebut merupakan sebuah ekspresi untuk terus mengingat sejarah kejayaan Jembayan dimasa lampau dan juga sebagai ruang temu bagi semua pihak untuk duduk bersama menyuarakan gagasan yang bersifat membangun, sekaligus memberi ruang ekspresi seni untuk memelihara nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Desa Jembayan.

Untuk diketahui kegiatan Festifal Kampong Tuha dilaksanakan sejak 19 sampai dengan 25 Maret 2018, adapun agenda kegiatan berupa karnaval, pertunjukan seni, bazar kuliner dan kerajinan, ngetam padi gunung, olahraga tradisional, ngentul benda, napak tilas situs sejarah, ngapeh budaya, lomba nyanyi lagu kutai, susur sungai jembayan, begenjoh, workshop (kerajinan) dan becolet muha.

Simpan sebagai :

Berita terkait :