Festival Jepen Kreasi Di Tenggarong Fair II

Jumat, 5 Oktober 2018

      Festival Kota Raja ( FKR ) ke VII telah berlangsung selama beberapa hari, dan termasuk dalam kegiatan acaranya ialah Festival Jepen Kreasi yang akan berlangsung selam dua hari. Acara ini di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara Dra. Sri Wahyuni.MPP., selama dua hari ini akan berlangsung dua kategori tari Jepen yaitu kategori anak SD sampai SMP dan kategori Umum.


      Tiga orang dewan juri yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya, pertama DRA. Hj. Zaifah Nurbani, Kedua Dra. Hj. Isnaniah usman, dan ketiga Drs. Surya Gunawan. Pada hari pertama dimulai dengan Jepen Anak atau Tingkat Pelajar, tampil sebagai pembuka dengan judul tari Jepen Pegi Behuma, menceritakan aktifitas kehidupan para petani dalam proses menanm padi ( Behuma ). Seperti membuka dan membersihkan lahan, mengasak / membuat lubang pada permukaan tanah, menabur benih padi menjaga muma dari gangguan burung dengan menggunakan boneka orangan sawah lau bersuka ria dengan penuh rasa cinta dan persaudaraan bersama memanen dan memetik buah padi, merontokkan dan melenggang dan menempi hasil buah panen padi.


     Jempen Rampak Begenjoh yang bersinopsiskan Berjepen Begenjoh berempak beriramamelayu Kutai dengan khazanah tradisi yang ada, kekanakan menaridengan serentak berempak begenjoh menguatkan tradisi mengkokohkan norma – norma yang ada dengan moderenisasi tanpa melupakan akar tradisi yang ada. 


     Berlanjut lagi dengan tampilan dengan judul tarian Bena semayang, tarian yang menceritakan tentang pergaulan muda – mudi yang menari dengan lincahnya dengan diiringi tingkilan danau semayang dengan gerak lemah gemulai, dan dinamis mengsimbolkan kekuatan dan persatuan masyarakat Kutai kartanegara tidak lupa serahung melambangkan perlindungan dari mara bahaya, tarian ini mengandung unsur melayu yang begitu kental dan menyatu dengan nilai religi. Masing – masing peserta membawa para pendukungnya, sehingga setiap kali para peserta yang tampil di panggung Tenggarong Fair II, riuh keramaian dari para pendukung meramaikan suasana Festival Tari Jepen Kreasi ini.

Simpan sebagai :

Berita terkait :