Hari ulang Tahun Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Senin, 22 April 2019

  

     Dalam rangka peringatan Hari ulang Tahun Planetarium Jagad Raya Tenggarong, bermacam kegiatan di laksanakan oleh pengelola Planetarium Jagad Raya Tenggarong yang dibawah naungan Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara. Diantaranya berupa pengamatan matahari dan bulan purnama,serta lomba mewarnai tingkat anak TK / Paud. Untuk pelaksanaan Pengamatan matahari (sun spot) sekitar pukul 11. 00 s/d selesai dan pengamatan bulan purnama pada pukul 20.00 s/d selesai di halaman Planetarium Jagad Raya Tenggarong.


    Untuk di ketahui bahwa Pengamatan matahari (sun spot) Sunspot atau bintik matahari adalah daerah di lapisan fotosfer matahari, yang memiliki suhu yang lebih rendah daripada daerah sekelilingnya. Suhu bintik hitam sekitar 4000 sampai 4500K, sedangkan suhu di sekelilingnya 6000 K. Bintik hitam terjadi karena adanya aktivitas magnetik pada matahari.


    Para siswa TK atau Paud yang megikuti lomba mewarnai di Planetarium ini di ajak untuk melihat Taman Tata Surya yang berada di area planetarium, lalu di jelaskan bahwa Planetarium berkapasitas 92 tempat duduk, di gagas oleh Bupati Kutai Kartanegra Bapak H. Saukani HR., planetarium Jagad Raya merupakan Planetarium ke tiga di Indonesia setelah Planetarium jakarta dan Planetarium Surabaya. Di bangun pada tahun 2000 dan di resmikan pada tanggal 16 April 2003, tempat ini merupakan sarana pendidikan untuk menikamti keindahan alam semesta berupa bintang – bintang, planet dan objek planet lainnya, dan pada Planetarium Jagad raya Tenggarong kita dapat menonton tayangan 3D tanpa menggunakan kacamata 3D dan hanya ada pada Planetrium Jagad raya Tenggarong. Dengan harapan setelah mengajak serta memaparkan mengenalkan riwayat Planetarium, adik – adik ini bisa lebih mengenal keragaman seni, budaya dan pariwisata Kalimantan Timur, sehingga nantinya mereka bisa bercerita kepada teman,saudara,dan keluarganya masing – masing tentang Plaetarium Jagad Raya Tenggarong.


    Selamat kepada para pemenang lomba mewarnai, Juara I dari TK Islam Salsabila atas nama Kalila Juara II dari TK Negeri 02 atas nama Peramatya Juara III dari TK Aba 1 atas nama Ratu Julia Daniswara Juara Harapan I dari TK Islam Salsabila atas nama Neysha Juara Harapan II dari TK Kemala Bhayangkari 7 atas nama M. Syarozi Zhafran Al Amin Juara Harapan III dari TK Negeri 02 atas nama Fazila Inastasya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :