Jembayan Kampong Tuha 2020

Senin, 17 Februari 2020

       Festival Jembayan Kampung Tuha 4 di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara kembali di gelar, kegiatan  berlangsung selama seminggu, dibuka pada tanggal 9 Februari dan ditutup pada tanggal 16 Februari 2020, festival ini terjadwal dalam kalender event Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, kembali di gelar berbagai macam kegiatan di dalamnya, diantaranya dibuka dengan Gowes bersama Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Drs. Edi Damansyah M.Si sekitaran track jalur bersepeda di Desa Jembayan lalu ada Karnaval Budaya yang berlangsung tanggal 9 Februari sekaligus sebagai pertanda dimulainya Festival Jembayan Kampong Tuha ke 4. Lalu dilaksanakannya susur sungai, napak tilas, dan perlomban Begasing pada tanggal 10 Februari.

       Dilanjutkan dengan lomba-lomba seperti festival lagu Kutai hingga lomba ces yang berlangung sampai tanggal 14 Februari. Ada juga Haul Akbar dengan penceramah Ustadz Muhammad Yahya Waloni tanggal 13 Februari. Setelah itu, dilanjutkan pada malam harinya tanggal 15 Februari dalam acara pesta rakyat yang dimeriahkan oleh artis ibu kota Ratna Antika & Neo Sari. Penutupan berlangsung tanggal 16 Februari dengan zumba lalu pembagian hadiah bersama.

       Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya guna menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal yang ada di Desa Jembayan, kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi masyarakat, dimana tahun ini merupakan tahun keempat dalam penyelengaraan Festival Jembayan Kampong Tuha. Dalam kesempatannya, Kepala Desa Jembayan, Samsu Arizal mengatakan selain untuk melestarikan kearifan budaya lokal, Festival Jembayan Kampong Tuha ke 4 ini juga jadi perputaran ekonomi bagi masyarakat karena ada interaksi jual beli disana, apalagi kegiatan ini telah teragendakan dalam kalender event tahunan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara. merupakan sebuah ekspresi untuk terus mengingat sejarah kejayaan Jembayan dimasa lampau dan juga sebagai ruang temu bagi semua pihak untuk duduk bersama menyuarakan gagasan yang bersifat membangun.

       Festival Jembayan Kampung Tuha 4 sekaligus memberi ruang ekspresi seni untuk memelihara nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Desa Jembayan. Adapun agenda acara ini yang di tunggu oleh masyarakat Jembayan dan sekitarnya kegiatan berupa karnaval, pertunjukan seni, bazar kuliner dan kerajinan, ngetam padi gunung, olahraga tradisional, ngentul benda, napak tilas situs sejarah, ngapeh budaya, lomba nyanyi lagu kutai, susur sungai jembayan, begenjoh, workshop (kerajinan) dan becolet muha.

Simpan sebagai :

Berita terkait :