Kajian Pengembangan Kawasan Wisata Kabupaten Kutai Kartanegara

Selasa, 4 Agustus 2020

       Kegiatan yang di laksanakan oleh Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara ini berlangsung di Hotel Elty Tenggarong bersama KSPK Tenggarong, Muara Kaman dsk, KSPK Samboja dsk, KSPK Sangasanga, Anggana dsk, KPPK muara badak, Marang kayu dsk. Beberapa hal yang di laksanakan dalam outline pembahasan diawali dengan pendahuluan, tinjauan pustaka, gambaran umum, pendekatan dan metodologi, serta rencana kerja. Acara ini langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara Thauhid Aprilian Noor. SP. M. Si., yang di damping oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Drs. Witontro.

     Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan rencana detail pembangunan kepariwisataan dan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengendalian kepariwisataan dalam rangka menjalankan fungsi strategis kawasan pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara.  Pembahasan berikutnya mengenai ruang lingkup kegiatan dari tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap identifikasi dan analisa, tahap perumusan rencana detail pembangunan KSPK dan KPPK Kabupaten Kutai Kartanegara, dan tahap penyusunan program prioritas dan indikasi kegiatan.

     Tinjauan pustaka yang di dalamnya terdapat pembahasan mengenai landasan kebijakan, pemahaman dasar kepariwisataan dan kawasan pariwisata Kabupaten. Dalam RIPARPROV Kalimantan Timur 2016 – 2026 bahwa Provinsi Kalimantan Timur juga menetapkan tiga KSPP ( Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi ) dan tiga KPPP    ( Kawasan Pengembangan Pariwisata Provinsi ). Kabupaten Kutai Kartanegaar sendiri termasuk kedalamnya. KSPP II Samarinda – Tenggarong – Tanjung isuy, dengan daerah tujuan wisata Tenggarong, meliputi yang di unggulkan Pulau kumala, lalu ditunjang Museum Mulawarman, Planetarium, Taman Tepian, Waduk Panji Sukarame, Museum Kayu Sukarame, Desa wisata Pela, dan desa budaya kedang ipil.

    Dan untuk KPPP I Samboja dan sekitarnya dengan daerah tujuan wisata BOS Foundation, Argo wisata Bukit Bengkirai, Pantai Tanjung Harapan, Pantai Ambalat, Pantai Handil Muara Baru, Sungai Hitam Samboja, Herbarium Balitek KSDA, Pulau Kumala dan Kawasan Wisata Tanah merah.

Simpan sebagai :

Berita terkait :