Karnaval Seni Internasional TIFAF 2019

Sabtu, 21 September 2019

      Kemeriahan berlangsung di sepanjang jalan yang di lalui oleh peserta Tenggarong Internasional Folk Art Festival (TIFAF), ratusan orang memadati jalanan Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dari Jl Akhmad Muksin, Jl Sudirman, Jl S Parman hingga depan Kesultanan Kutai, Sabtu (21/9/2019). Masyarakat yang hadir menyaksikan langsung Karnaval kesenian internasional ini sebagai pembuka rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama sepekan ini.
Karnaval yang diikuti oleh delegasi kesenian mancanegara peserta TIFAF serta sejumlah paguyuban dan grup kesenian yan berada di Kutai Kartanegara. Pada barisan pertama Karnaval dibuka oleh barisan prajurit Keraton Kesultanan Kutai berpakaian serba hitam, disusul kelompok marching band. Karnaval kali ini dimeriahkan 30 grup kesenian dan paguyuban di Kukar, serta 5 negara partisipan.

     Antusiasme begitu terlihat dari para penonton yang hadir baik disepanjang rute jalan yang di lalui peserta pawai, maupun yang sudah berada menunggu di halaman Kedaton Kesultanan Kutai. Suasana hangat terbangun antar masyarakat dan peserta TIFAF, tidak segan para peserta TIFAF bersalaman dengan para penonton dan dengan antusias pula para penonton langsung meminta berfoto bersama dengan para peserta pawai.

    Sampai di depan Kedaton, Tiap grup kesenian menampilkan atraksi selama 2-5 menit di depan Panggung Kehormatan Kedaton Kesultanan Kutai. Hadir langsung menyaksikan pertunjukan kesenian internasional ini mereka disaksikan langsung oleh Sultan Kutai Adji Mohammad Arifin didampingi Bupati Kukar Drs. Edi Damansyah. Msi., dan tamu undangan lainnya.

    Untuk diketahui Acara TIFAF digelar selama sepekan, mulai 21-29 September 2019. Upacara pembukaan TIFAF bakal digelar di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Minggu (22/9/2019). Selama di Tenggarong delegasi peserta TIFAF akan melakukan pertunjukan seni dari Negara masing – masing acara bergantian di tiga tempat yaitu di parkiran Stadion Rondong Demang Tenggarong dan Pentas yang berada dtepian sungai Mahakam di jl. KH. Ahmad Muksin, serta tempat wisata Pulau Kumala Tenggarong. Para delegasi juga akan dijadwalkan berkunjung ke sekolah – sekolah, serta menghadiri kegiatan ziarah ke makam Aji Imbut poada saat perayaan HUT tenggarong ke 237 pada 28 September 2019.

Simpan sebagai :

Berita terkait :