Komunitas Anak Muda Melestarikan Budaya Odah Etam

Senin, 9 Nopember 2020

       Anak-anak muda di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki perhatian lebih terhadap pelestarian adat budaya daerah Kutai. Salah satunya yaitu musik tingkilan. Terletak di Desa Muara Muntai Ulu, namanya Komunitas Seni Mahakam Kutai. Dengan menggunakan musik tingkilan, anak-anak muda kreatif itu membuat musik tingkilan terasa lebih kekinian dan berwarna mengikuti arus perkembangan musik sekarang tanpa menghilangkan ciri khas musik tingkilan itu sendiri.

       Komunitas ini berdiri pertama kali pada tahun 2007, namun mulai aktif tahun 2009. Sampai saat ini, komunitas ini tetap eksis dalam memainkan musik tingkilan yang tetap lestari mesti arus modern terus berkembang. Dengan adanya Komunitas Seni Mahakam Kutai ini, diharapkan anak-anak muda khususnya yang ada di Muara Muntai Ulu ini tertarik untuk melestarikan budaya Kutai sehingga ada kemauan dari anak-anak muda untuk terlibat dalam melestariakan budaya khususnya musik tingkilan.

       Dalam liputan media lokal sekitaran etam TVRI, Komunitas ini latihan seminggu sekali, setiap latihan, mereka selingi dengan mencoba menyanyikan lagu pop sekarang dengan menggabungkannya bersama musik tingkilan yang khas sehingga kesannya tetap modern tetapi menggunakan ciri khas tingkilan dalam alunan musiknya. Rata-rata semua anggotanya merupakan anak-anak yang masih sekolah. Saat pandemi covid-19 seperti saat ini, Komunitas ini tetap latihan seperti biasa dengan protokol kesehatan salah satunya tetap menggunakan masker.  

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :