Kukar Siap Kembangkan Tiga Destinasi Wisata Ini di Tahun 2021

Kamis, 4 Maret 2021

       Di sepanjang tahun 2020 semenjak wabah covid-19 datang, dari semua OPD di Kutai Kartanegara, Dinas Pariwisata menjadi yang paling terdampak. Akibatnya investasi pariwisata selama 2020 ini hanya nol persen. Menyikapi hal ini, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Bapak Thauhid Aprilian Noor mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya agar di tahun 2021 mendatang investasi pariwisata bisa mulai menaik.

       "Selama tahun 2020 ini kami sudah dan terus akan menyusun FS (Feasibility Study) dan DED (Detail Engineering Design), dan di tahun 2021 juga obyek-obyek wisata yang menjadi aset wewenang pemerintah kabupaten akan tetap kita lakukan penyusunan FS dan DED sebagai bentuk inventarisasi aset agar bisa terus maju dan berkembang," kata Bapak Thauhid kepada media lokal yang mewawancarainya belum lama ini.

       Bapak Thauhid mengatakan, salah satu upaya untuk menarik investor ke Kukar ialah semua aset pariwisata harus dilakukan penyusunan kajian FS dan DED beserta kelengkapan lainnya. "Jadi dengan sudah kita susun maka kita mengkaji secara matang apa yang akan kita buat dari destinasi wisata yang sudah ada.”

       Salah satu calon destinasi wisata yang sudah disiapkan kajian DED di tahun mendatang adalah diorama museum digital jembatan Kartanegara, Jam Bentong dan Planetarium. "DED nya untuk tiga destinasi wisata itu maka akan kita tingkatkan prasarananya, misalnya untuk di Planetarium itu yang selama ini hanya seperti bioskop maka nanti akan kita desain seperti semacam astronot gitu, jadi sudah ada rancangan kita dengan menggunakan APBD dan beberapa akan kita lempar ke investor. Memang selama pandemi ini kami tidak bisa apa-apa karena obyek wisata kan tutup," kata Bapak Thauhid. 

Simpan sebagai :

Berita terkait :