Lomba Permainan Olahraga Tradisional Kutai

Jumat, 27 Juli 2018

     Erau Adat Kutai Dan 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) 2018, mengagendakan berbagai macam kegiatan baik berupa kesnian daerah maupun mancanegara, dan termasuk di dalamnya diadakan lomba olahraga tradisional Kutai. Penggiat seni dan budaya dari Rumah Budaya Kutai (RBK) Hasruliasnyah mengatakan perlombaan olahraga tradisional syarat pesan bermakna dari leluhur nenek moyang kita. Beliau berharap kepada seluruh peserta lomba tak hanya mengejar hadiah namun juga turut menjaga dan melestarikan budaya olahraga tradisional yang kita miliki. “Semua olahraga tradisional yang kita lomba kan dalam Erau tahun ini banyak pesan dan makna halus terkandung didalamnya.

      Ini warisan dan pesan langsung dari leluhur kita agar tetap kita jaga dan lestarikan. Jangan kejar hadiahnya tapi kejar edukasinya dan tetap konsisten melestarikannya, beliau menjelaskan salah satu makna filsofis bermain egrang ialah seseorang dituntut untuk menantang ketakutannya sendiri dengan terus berjalan dan maju menghadapi tantang yang ada dihadapnnya. Dikatakan menantang karena menuntut keterampilan dan keseimbangan tubuh agar bisa menaiki dan menjalankan Egrang, berjalan di atas kayu, jadi permainan Egrang ini tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang belaka namun juga mengajarkan nilai konsentrasi tinggi bagi para pemainnya. Kerja keras, sportivitas, keuletan, percaya diri, tekad keberanian yang tinggi, konsentrasi penuh, jangan cepat takut kalau jatuh dan yang terakhir adalah sportivitas inilah makna dan pesan mendalam dari Egrang.


     Yang tak kalah seru dari lima olahraga tradisional yang dilombakan pada Erau tahun ini ialah Kelom Panjang atau biasa disebut Bakiak dan Terompah. Bahwa makna dari permainan yang diikuti lima orang ini menggunakan sandal panjang itu diibaratkan rakyat. Butuh semangat yang kuat, tekad yang kuat dan yang paling penting kekompakan yang nyata agar bersama-sama mencapai tujuan dan tidak terpisah satu dengan yang lainnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :