Mapak Suro Kirab Grebek Tumpeng Dusun Sukasari

Selasa, 11 September 2018

   

       Suasana ramai di Dusun Sukasari, Desa Bukit Pariaman, Kabupaten Kutai Kartanegara. Di sepanjang pinggir jalan masyarakat berbaris dan berkumpul untuk menyaksikan acara Mapak Suro Kirab Grebek Tumpeng ini digelar dengan tujuan memeringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H. acara ini tidak hanya di hadiri masyarakat Dusun Sukasari, namun yang berada di Tenggarong dan sekitarnya pun ikut menyaksikan dan meramaikan Mapak Suro tersebut.


    Dalam kesempatannya Bapak Sugeng Riadi sebagai kordinator acara Mapak Suro mengatakan, sebanyak 15 orang dilibatkan untuk menyusun tumpeng raksasa dari 40 jenis buah dan sayur hasil sedekah bumi warga sekitar. "Tumpeng raksasa ini dibuat dengan swadaya masyarakat. Kami membuat tumpeng raksasa ini 3 hari 3 malam," tuturnya. Lewat Mapak Satu Suro, ia ingin melestarikan budaya tradisional sekaligus meramaikan Tahun Baru Islam dan kami juga melibatkan semua suku yang ada di dusun kami.


    Ketinggian Tumpeng sekitar 3 meter di bawa menggunakan mobil pikup, terdiri 40 jenis sayuran dan buah, seperti wortel, timun, sawi, kacang panjang, bawang bombay, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, petai, jengkol, pare, jagung, jeruk, buah naga, apel dan masih banyak lainnya. Sedangkan 5 tumpeng lainnya digotong warga ada tumpeng jajanan pasar, jajanan dan minuman kemasan, tumpeng nasi beras merah, nasi kuning dan nasi putih. Tumpeng pun di bawa keliling dusun sejauh 3 kilometer. Selain arakan tumpeng, barisan depan terdiri ibu-ibu yang membawa sajian makanan atau kue dalam wadah segi empat terbuat dari batang pohon pisang, seniman reog lengkap dengan penari jatilannya menjadi pengiringnya.


    Pejabat Pemkab Kutai Kartanegara turut hadir dalam acara ini diantarax Plt Bupati Kukar Drs. Edi Damansyah. M.Si., Kabag Kesra M Arsyad, Kepala Dinas Pariwisata Kukar Dra. Sri Wahyuni. MPP., dan Camat Tenggarong Seberang Suhari, beserta tamu kehormatan lainnya. Plt Bupati Drs. Edi Damansyah M.Si., berharap ajang ini akan menjadi agenda tahunan, sedangkan acara kali ini masuk tahun ketiga.


      Puncak acara Mapak Satu Suro adalah memperebutkan tumpeng raksasa, yang isinya diantara berupa hasil bumi, seperti sayur – sayuran, buah – buahan, hingga aneka jajanan. Hanya beberapa menit saja 6 tumpeng raksasa ini habis tak bersisa. Ratusan warga berebut tumpeng raksasa, mulai anak-anak, remaja, bapak-bapak dan ibu-ibu,dan terlihat ada sejumlah warga makan bareng tumpeng nasi lengkap dengan lauknya di tempat acara, namun adapula yang membawa sayuran, makanan dan buah yang berhasil direbutnya untuk di bawa pulang.




Simpan sebagai :

Berita terkait :