Merebahkan Tiang Ayu Sebagai Tanda Berakhir nya Erau Adat Kutai 2017

Selasa, 1 Agustus 2017

Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura secara resmi mengakhiri pelaksanaan pesta Erau Adat Kutai dan The5  International Folk Art Festival (EIFAF) 2017, pada Senin (31/7) pagi kemarinlewat upacara merebahkan Ayu. Upacara adat yang berlangsung khidmat dan sederhana itu digelar di ruang Stingkil Keraton Kutai Kartanegara atau Museum Mulawarman, Tenggarong.Prosesi merebahkan Ayu itu dilakukan 6 orang yaitu putra Sultan Kutai, HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adinigrat, HAP Soeryo Adinata, HAP Soerya Manggala, dan HAP Soerya Kesuma serta 2 keluarga Keraton Kesultanan Kutai, HAP Aryo Adi Putro dan HAP Ario Putro Ami Djoyo.

Sementara Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adinigrat bertugas menyambut ujung/kepala tiang Ayu. Proses tersebut disaksikan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XX HAM Salehoeddin II bersama para kerabat keraton.

Setelah tiang Ayu rebah, dilanjutkan dengan pemberian tempong tawar oleh pimpinan Dewa belian pertama-tama kepada tiang Ayu, Sultan Kutai lalu Putra Mahkota serta kerabat keraton lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa selamat yang dipimpin oleh seorang kerabat Keraton, sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Erau berlangsung sukses.

Usai melaksanakan upacara merebahkan Ayu, seluruh kerabat keraton mulai dari panitia, petugas adat, Belian dan Dewa hingga pasukan Kesultanan, menghaturkan sembah dan menyalami Sultan Kutai bersama keempat putranya.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Salehuddin”Dengan dilaksanakannya merebahkan Ayu, maka Erau Adat Kukar resmi berakhir,” ujar HAP Puger yang mewakili Sultan Kutai. Menurutnya kita bersyukur karena pelaksanaan Erau tahun ini berjalan lancar dan sukses. Ia juga berterimakasih kepada pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya Erau tersebut, terutama Pemkab Kukar serta seluruh masyarakat Tenggarong dan masyarakat Kukar pada umumnya. ”Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung pesta adat Erau ini,” pungkasnya

Simpan sebagai :

Berita terkait :