Museum Mulawarman Direncanakan Kembali Buka

Jumat, 21 Mei 2021

       Museum Mulawarman Tenggarong kembali membuka pelayanan kunjungan pada hari Senin, 24 Mei mendatang. Keputusan ini berdasarkan hasil kesepakatan tim satgas beberapa waktu yang lalu. Koordinator Satgas penanganan Covid-19 Kukar Fida Hurasani menjelaskan rapat mengenai hal ini telah dilakukan sebelum menginjak bulan Ramadan. “Sudah ada suratnya sudah dirapatkan, ada wacana mau dibuka,” jelasnya kepada media lokal setempat belum lama ini. 

       Menurutnya, kebijakan itu menjadi ranah provinsi. Tentunya Satgas Kabupaten Kukar akan menyesuikan dengan ketentuan yang ada jika memang nanti museum akan kembali dibuka. Kepala UPTD Museum Negeri Mulawarman Jaka Budiana menuturkan, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar telah mengunjungi museum guna memeriksa prokes yang sudah disiapkan.  “Berdasarkan hasil kesepakatan rapat Tim Satgas, museum diperkenankan buka setelah Idulfitri, dan 24 Mei mendatang sudah dibuka,” katanya. Ia juga menegaskan, setiap pengunjung yang ingin masuk harus selalu mematuhi prokes. Jika kedapatan tak menggunakan masker, maka petugas tidak akan mengizinkan pengunjung untuk masuk. “Bagi pengunjung yang tidak memakai masker, kami mohon maaf untuk tidak melayani. Tapi dari pihak museum menyediakan masker,” tegasnya.

       Museum Mulawarman juga akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk, yakni sebanyak 50 persen dari kapasitas tampung. Serta menurunkan tim yang akan melihat kondisi di lapangan. Sehingga untuk bus yang datang dapat mendatangi destinasi wisata lainnya yang ada di Tenggarong. Untuk jam operasional Museum Mulawarman terbaru yakni mulai hari Senin sampai Minggu pukul 09.00 – 15.00 wita. “Jika terjadi penumpukkan, maka akan kami stop terlebih dahulu untuk mencegah hal itu. Semisalnya ada rombongan bus yang datang, ada 40 penumpang, maka kita batasi tiga bus terdahulu,” jelasnya. 

Simpan sebagai :

Berita terkait :