Nikmatnya Makan Beseprah

Rabu, 25 Juli 2018

Tepat pada hari rabu, sebagai rangkaian kegiatan perhelatan Pesta Adat Erau di depan Kedaton Kutai, Jalan Monumen Timur, Tenggarong. Salah satu kegiatan yang di tunggu – tungu oleh masyarakat Kutai Kartanegara, khusunya berada di kota Tenggarong, pada saat Erau Adat Kutai dan 6 Th Internasional Folk Art Festival (EIFAF) 2018. Karna pada hari ini berlangsung pada pagi hari acara Beseprah, Acara beseprah merupakan makan duduk bersama Putra Mahkota Kesultanan Kutai Aji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat dengan warganya, dan hadir pula seluruh Pejabat Pemkab Kutai Kartanegara.
Baik dari Pihak Kesultanan, Pejabat Pembkab Kutai Kartanegara dan seluruh masyarakat duduk bersila saling berhadap – hadapan untuk menikmati berbagai hidangan tradisional, khususnya makanan khas Kutai disajikan, seperti bongko, sarabai, putu ayu, singkong goreng, kue cincin, tumbi, bingka, nasi kuning dan nasi uduk.
Beseprah pun di mulai setelah di bunyikannya kentongan oleh Putra Mahkota Kesultanan Kutai Aji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat, bersama Plt Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah. M.Si., Kepala Dinas Pariwisata Kab Kukar Dra. Sri Wahyuni. MPP., serta Director dari peserta CIOFF. Wargapun menikmati semua hidangan sampai habis.
Enam delegasi dari negara asing yang memeriahkan Erau tahun ini ikut pula makan sambil lesehan, yakni Polandia, Rumania, Hongaria, Mexico, India dan Turki.
Dalam kesempatannya Plt Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah. M.Si. menyampaikan, "Acara beseprah merupakan komitmen pemerintah dalam melestarikan tradisi. Beseprah menjadi simbol kedekatan Sultan dan rakyatnya," Lewat beseprah, lanjutnya, antara kesultanan, pemerintah dan masyarakat saling berbagi dan menjalin keakraban. Ide beseprah sendiri datang dari Sultan. Karena Sultan dulu sering beseprah ke tiap kecamatan yang dikunjunginya. Berharap kedepannya Erau bisa melibatkan 18 kecamatan di Kutai Kartanegara. "Kalau dulu Erau, warga mempersembahkan hasil bumi kepada Sultan. Ke depan, kita bisa rancang, tiap perwakilan kecamatan mempersembahkan kesenian masing-masing di hadapan Sultan,".

Simpan sebagai :

Berita terkait :