Olahraga Tradisional

Senin, 3 Nopember 2014

Untuk memeriahkan Erau Adat Kutai dan International  Folk Art Festival ( EIFAF ) 2014, Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kutai Kartanegara mengadakan perlombaan permainan olah raga yang diikuti oleh setiap  Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan juga diluar seperti Kota Bontang dengan tempat perlombaan berada di parkiran Pulau Kumala, Timbau dan Lapangan Pemuda Panji.

Berbagai Jenis lomba yang akan di lombakan antara lain yaitu Lomba Hadang ( Asen Naga ), olahraga ini terdiri dengan 1 tim berisi kurang lebih lima pemain dengan menjaga daerahnya maisng – masing  agar tidak di lewati oleh pihak lawan apabila pihak lawan terkena sentuhan oleh yang menjaga pertahanan maka dinyatakan kalah.

Lomba Gasing Beturai dan Berajaan ialah olahraga dengan memainkan sebuah gasing ( berbentuk daun kartu ) terbuat dari kayu telihan atau ulin yang kuat kemudian diputar dengan tali yang terbuat dari kulit kayu ( jomok ) atau terbuat dari rumput rapia.

Lomba Behempas Bantal ialah olahraga atau lomba yang memerlukan  pertahanan tubuh  yang cukup kuat untuk menahan pukulan lawan yang menggunakan bantal ( guling tidur ), dimana peserta harus tahan dipukul duduk di atas bambu yang menggantung secara horizontal apabila lawan terjatuh maka dinyatakan kalah.

Lomba olah raga Dagongan ialah lomba dengan alat permaianan yang terbuat dari bambu berukuran  diameter  20 cm dengan cara seperti tarik tambang namun olah raga ini sedikit berbeda yaitu dengan saling  mendorong apabila lawan telah memasuki batas finish maka dinyatakan menang.


Perlombaan kelom sandal ialah lomba ini secara beregu menggunakan alat seperti sandal yang disusun secara berbaris dan peserta harus serempak untuk berjalan menuju finish.

Lomba Engrang ialah lomba dimana peserta harus menaiki tongkat yang terbuat dari kayu dan tersedia injakan di bagian bawah yang mengharuskan peserta mejaga keseimbangannya untuk menaiki dan berjalan menuju fisnish dengan cepat.

Perlombaan perahu ketinting ialah lomba dimana perlombaan ini mengandalkan kecepatan mesin ces dan bentuk perahu lancip yang digunakan untuk memecah gelombang agar supaya pergerakan kapal mudah untuk dikendalikan sang motoris .

Simpan sebagai :

Berita terkait :