Olahraga Tradisional Dagongan Di Erau 2019

Kamis, 12 September 2019

    Masih dalam menyemarakkan Erau Adat kutai, permainan tradisioanl dagongan turut di perlombakan selam beberapa hari di samping halaman parkir tempat wisata Pulau Kumala Tenggarong, olahraga tradisional dagongan berlangsung sangat seru karna setiap tim menurunkan para pemainnya atau atlitnya yang memang memiliki postur tubuh yang besar, agar dapat mengalahkan tim lawan dengan mudah.

    Dagongan adalah permainan olahraga tradisional yang mempergunakan bambu dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kekuatan untuk  saling mendorong antara regu yang satu dengan regu yang lain. Permainan  Olahraga tradisional dagongan ini merupakan kebalikan dari permainan tarik tambang. Untuk tarik tambang dalam cara bermain dengan saling manarik, sedangkan untuk permainan dagongan, kedua regu saling mendorong sekuat tenaga untuk mencari kemenangan.

    Dagongan dimainkan secara beregu, baik putera maupun puteri. Jumlah anggota regu sebanyak 7 orang, terdiri dari 5 pemain dan 2 cadangan.  Kedua regu diwajibkan memakai kostum seragam dengan nomor dada/punggung dimulai dari angka 1 s.d 7. Sebagaimana permainan tradisional lainnya, Permainan olahraga tradisional dagongan ini dilakukan di arena berumput dan memiliki permukaan yang datar/rata. Area dagongan merupakan area petak persegi panjang yang mempunyai ukuran 2 meter X 18 meter. Garis tengah dibuat untuk membagi dua lapangan dengan sama panjang. Area serang dibatasi oleh garis pembatas  dengan jarak 2,5 meter dari garis tengah. Garis serang ini merupakan garis batas kaki pemain paling depan. Seluruh garis pembatas lapangan sebaiknya dibuat dari kapur saja.

    Bambu yang dipergunakan dalam permainan olahraga tradisional ini adalah menggunakan bamboo yang mempunyai ketebalan dan kekuatan yang dipersyaratkan. Tidak diperkenankan menggunakan bamboo dengan diameter yang terlalu kecil dan mudah patah, karena dapat membahayakan seluruh pemain. Bambu yang dipergunakan minimal berdiameter 12 cm – 18 cm dengan ukuran panjang 5 m – 8 m. Lomba Dagongan sendiri dimainkan dengan sistem gugur dengan permainan dua kali main. Yang kalah didorong maka dianggap gugur dalam pertandingan tersebut.

Simpan sebagai :

Berita terkait :