Pelatihan Pembuatan Souvenir Dan Cindramata Di Desa Kersik

Jumat, 18 September 2020

       Pelatihan pembuatan souvenir/cinderamata di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu oleh Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Politeknik Negeri Samarinda Jurusan Desain Produk selaku Instruktur/Narasumber yang memberikan pelatihan.

       Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 16 sd 17 September 2020. Diawali pada hari pertama sekaligus membuka  secara resmi pelatihan oleh Bapak M. Ridha Fatriantha, S.STP, M.Si. Dalam pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Kepala Desa Kersik Kecamatan Marangkayu, Bapak Jumadi.

       Berbagai macam cindramata diperlihatkan dalam pelatihan, bagaimana pembuatan serta tingkat kesulitan apa yang dihadapi saat pembuatannya. Cindramata ini harus mengutamakan bahan asli lokal sekitar sehingga apa yang ada di Desa Kersik bisa dimanfaatkan serta memudahkan dalam pencarian bahan dan menjadi cindramata asli masyarakat lokal.

       Hari kedua juga tetap pada pemberian materi sekaligus praktek pembuatannya. Apa yang sudah disampaikan pada hari pertama, menjadi pemantapan peserta pada hari kedua untuk membuat maupun mencoba membuat kreasi baru pada cindramata yang dibuat. Acara pada hari kedua berlangsung sampai sore. Meskipun dua hari full, peserta yang semuanya merupakan masyarakat lokal Desa Kersik sangat antusias mengikuti pelatihan.

Simpan sebagai :

Berita terkait :