Pelatihan Pembuatan Souvenir Ukiran Kayu Di Desa Bawang

Senin, 14 September 2020

       Pelatihan Pembuatan Souvenir Ukir Kayu berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 12 dan 13 September 2020, di Desa Sungai Bawang, Kecamatan Muara Badak. Dibuka oleh Plt Kepala Dispar Kukar, Bapak Thauhid Afriliannoor, SP, M.Si pada hari Sabtu (12/9).

       Pemateri yang mengisi hari pertama dari Polnes Samarinda, Bapak Rony H.,S.Y.,M.Ds dan Bapak Andy Farid H.,S.T.,M.T.,M.Ds. Untuk hari kedua, yang mengisi materi ialah Bapak Rustam Aji, S.Pd. pemateri-pemateri menerangkan tentang tata cara seni ukir serta praktek langsung untuk para peserta yang semuanya merupakan masyarakat lokal Desa Bawang. 

       Peserta diajari langsung cara mengukir kayu dengan alat modern sehingga lebih efisien pembuatannya. Peserta diajarkan untuk membuat gantungan kunci berbahan kayu dengan kreasi sendiri, terlihat peserta sangat antusias saat pembuatan yang langsung dibimbing oleh pemateri.

       Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di desa wisata atau desa budaya yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya dalam keahlian untuk membuat souvenir khas daerah sebagai daya tarik bagi pengunjung yang datang ke desa wisata/budaya. Acara ditutup oleh Bapak M. Ridha Fatriantha, S.STP, M.Si sore (13/9).

Simpan sebagai :

Berita terkait :