Pembukaan Festival Tari Gantar

Senin, 28 Oktober 2019

     Yayasan Pokan Taqaq, salah satu yayasan yang aktip bergerak dalam memperkenalkan kesenian khas Kukar yang lebih fokusnya terhadap seni budaya dayak, pokan taqaq juga sudah pernah menjadi sebagai wadah tempat belajar bagi 12 pemuda dari seluruh dunia. program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dari Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.
Kelompok tari yang ada di Pokan Taqaq secara khusus Festival Tari Gantar yang di laksanakan pada bulan Oktober kemaren. Berbagai macam khas tari dayak di perkenalkan pada festival ini. Seni ukir, anyaman, sampai dengan olahan makanan di perkenalkan dan di promosikan saat festival berlangsung.

     Festival Tari Gantar yang merupakan tari tradisional Suku Daya Benuaq sebagai wujud peran serta kalangan muda melestarikan seni tradisi yang dimiliki Suku Dayak. Ketua Kelompok Seni Pokan Takaq Kutai Kartanegara Imam Rojiki mengatakan, festival tari pergaulan kawula muda-mudi yang nmelambangkan kegembiraan serta keramahtamahan Suku Dayak menyambut tamu yang datang berkunjung itu diikuti 20 kelompok sanggar dan seni ari Kuatai Kartanegara hingga Kabupaten Kutai Barat.

     Festival ini berlangsung di lamin pokan taqaq yang berada di jalan mangkuraja 6 Tenggarong. Festival ini juga bertujuan melestarikan seni dan budaya yang dimiliki suku dayak benua. Saat festival berlangsung, di laksanakan pula worksop budaya yang diikuti empat puluh peserta dari tingkat pelajar SD, SMP, serta kelompok seni yang ada di Kutai Kartanegara.

Simpan sebagai :

Berita terkait :