Perayaan Grebeg Suro Dan Bersih Desa Bukit Pariaman

Sabtu, 31 Agustus 2019

     Peringatan Perayaan Grebeg Suro dan Bersih Desa di Desa Bukit Pariaman Kec. Tenggarong Seberang berlangsung sangat meriah, acara yang berlangsung pada tanggal 31/08/2019 dengan tujuan dan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, warga di Desa Bukit Pariaman Kec. Tenggarong Seberang yg di dominasi oleh suku Jawa ini menggelar tradisi Mapak Suro atau Grebeg Suro.

     Acara ini memang dinantikan oleh warga adalah rebutan tumpeng atau gunungan hasil bumi, jajanan pasar, buah dan sayuran, snack dan minuman instan yg dikemas rapi menyerupai tumpeng. Tahun ini dimeriahkan oleh partisipasi dr 35 RT sebanyak 38 tumpeng. Tumpeng - tumpeng ini diarak atau kirab keliling Dusun sejauh kurang lebih 2.5 km menuju lokasi acara.

     Untuk diketahui bahwa acara Acara ini sudah digelar sejak tahun 2016, dan telah menjadi agenda rutin tahunan yg termasuk ke dalam Kalender Event Pariwisata Kutai Kartanegara. Hadir sekaligus membuka acara ini Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah. MSi., hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara Dra. Sri Wahyuni. MPP, Camat Tenggarong Seberang, Anggota DPRD Kab. Kutai Kartanegara, OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat.

       Kegiatan ini diharapkan mampu menyatukan segala lapisan masyarakat yg beragam suku, budaya, tradisi dan adat istiadat, sebagai bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi yg telah Allah karuniakan. Kearifan lokal nusantara yg semoga akan terus berkembang dan tetap terpelihara di Bumi Kutai Kartanegara.

Simpan sebagai :

Berita terkait :