Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga 2019

Senin, 28 Januari 2019

    

Bertempat di lapangan Bola Pertamina EP Aset 5 Field Sangasanga, Upacara Parade Peristiwa Merah Putih digelar pada hari Minggu 27 Januari 2019. Apel parade peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga dihadiri jajaran pemerintah Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, para Veteran, Pimpinan Ormas, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama dan undangan lainnya. Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor. M. Si menjadi Inspektur upacara, dalam sambutannya, Isran mengatakan sebagai warga masyarakat Kalimantan Timur terlebih Kecamatan Sangasanga, patut bersukur dan bangga karna Kota Sangasanga menjadi salah satu sejarah perjuangan tingkat nasional. Pada 1947, peristiwa heroik itu menorehkan tinta emas yang patut kita kenang sepanjang masa. Sebagai bangsa besar semua pihak sepatutnya menghargai perjuangan para pahlawan melawan NICA yang berhasil menguasai kota yang kaya akan minyak tersebut. Oleh karna itu jejak perjuangan harus kita kenang, patriotismenya patut pula kita tularkan kepada generasi muda ini. Beliau juga menyampaikan bahwa “Semangat pengorbanan para pejuang hendaknya ditanamkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa. Sebagai bangsa besar, kita harus pandai menghargai jasa pahlawan,”.

      Setelah Upacara, ditempat yang sama, para undangan dan pengunjung yang hadir menyaksikan pertunjukan Opret yang menggambarkan Perjuangan Peristiwa Merah Putih


    Sangasanga 27 Januari 1947 tahun silam. Selanjutnya, setelah upacara selesai, Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor. M. Si didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Privinsi Kaltim dan Kukar, rombongan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Wadah Betuah, Kecamatan Sangasanga. Dipimpin Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor. M. Si, para penjiarah melakukan doa bersama serta menaburkan bunga pada makam pahlawan yang gugur pada 1947 silam.

     Untuk di ketahui bahwa selain perayaan pada 27 Januari 2019, berbagai rangkaian parade juga diselenggarakan sejak 26 Januari 2019. Diantaranya, Napak tilas di beberapa lokasi sejarah, Launching Kalender Event Kutai Kartanegara 2019.

Simpan sebagai :

Berita terkait :