Potensi Obyek Wisata di Kecamatan Muara Kaman

Senin, 12 Agustus 2019

    Desa Muara Siran adalah salah satu desa yang memiliki potensi obyek wisata di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara. Meskipun letak desa tersebut terpencil, namun potensi wisatanya sangat menjanjikan, terutama wisata lahan gambut.

      Bahkan website Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur www.kaltimprov.go.id pernah menuliskan bahwa lahan gambut yang dimiliki Desa Muara Siran sangat bermanfaat untuk mengurangi emisi atau mengurangi efek rumah kaca. Penulis Ahmad Wijaya dalam website tersebut mengatakan bahwa lahan gambut di Desa Muara Siran tidak ideal untuk dijadikan lahan sawit.
Fungsi lahan gambut selain mengurangi emisi dan efek rumah kaca adalah tempat ideal bagi pertumbuhan ikan yang menjadi mata pencarian utama penduduk desa tersebut yang mayoritas sebagai nelayan. Atas dasar realitas tersebut, Camat Muara Kaman Surya Agus mengajak warga Desa Muara Siran untuk sadar wisata dengan cara menjaga kelestarian alam di desanya terutama menjaga lahan gambut agar tetap terjaga. Surya Agus mengatakan warga desa dan semua stakeholders bertanggung jawab atas kelestarian lahan gambut tersebut.


Dalam hal ini Dinas Pariwisata Kab Kutai kartanegara juga sudah melakukan Sosialisasi tentang sadar wisata dan pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Desa Muara Siran melalui program CSR. kepada masyarakat Desa Muara Siran. Dengan demikian diharapkan masyarakat mulai menata dan mempercantik desa agar para wisatawan tertarik berkunjung sehingga berdampak positif bagi ekonomi masyarakat.

     Muara Kaman juga terkenal dengan situs kerajaan hindu pertama dan sekaligus tertua di Indonesia, Ada beberapa peninggalan bersejarah, salah satunya adalah Batu Lesong. Dan jangan lupa kunjungi museum untuk melihat sample batu prasasti yupa sebanyak 7 buah, dan beberapa peninggalan arkeologi dari hasil eksplorasi penggalian dari institut terkait.

Simpan sebagai :

Berita terkait :