Rumusan City Branding Kukar

Rabu, 16 September 2020

       Penyusunan Branding Kutai Kartanegata menitikberatkan pd karakteristik citra inspiratif yang terkandung di dalam muatan nilai-nilai kesejarahan, folklore/mitologi, kekayaan budaya dan sosial/kepribadian dan estetika alam. Nilai-nilai inspiratif tersebut mengambarkan kemajuan peradaban masyarakat Kutai Kartanegara yang dibangun melalui interaksi ilmu pengetahuan, kebudayaan dan perekonomian dengan bangsa-bangsa luar sejak dahulu. Maka Kutai Kartanegara adalah Kabupaten Asia Wonders yang memiliki peradaban bertaraf internasional.

       Kemajuan peradaban masyarakat Kukar yang dibangun dengan melalui interaksi ilmu pengetahuan, kebudayaan dan perekonomian dengan bangsa-bangsa luar negeri sejak dahulu menjadikan:

(1). Kukar sebagai historical civilization: kesejarahan Kutai Mulawarman/Martadipura memiliki peran dan arti penting bagi kesejarahan peradaban modern nusantara. Sementara dalam perspektif kesejarahan internasional, Kutai Martadipura merupakan bandar/pelabuhan penting sebagai jalur niaga dan intetaksi lintas budaya bangsa-bangsa asing.

(2). Kukar memiliki budaya "Asia Heritage": Kukar dengan kekayaan ekspresi tradisi, kesenian, seni arsitektur, bahasa, dan kuliner merupakan hasil dari "Warisan Budaya" bangsa Asia (India, Tionghoa, Melayu, Timur Tengah).

(3). Kukar sebagai pusat "Asia Cultural Wonder : Hunian dengan keberagaman ethis dan keanekaragaman ekspresi budaya hasil interaksi/alkuturasi bangsa-bangsa Asia (India, Melayu, China, Timur Tengah). Dengan citra keajaiban Asia, maka Kukar dipersepsikan sebagai "Kota Budaya Asia".

      Rumusan tersebut didapat dalam pelaksanaan Workshop Penyusunan Branding Kabupaten Kukar yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret di kecamatan Sangasanga dan 17 Maret 2020 di Kota Tenggarong dengan melibatkan unsur Pentahelix/ABCGM (Akademisi, Bisnis, Comunitas, Government, Media).

   Untuk mendapatkan Identitas dan Audio Brand Kabupaten Kukar maka dilaksanakan Workshop Cipta Logo dan Jinggle City Branding pd tgl 12 sd 15 September di Pondok Jajak. Sesuai kesepakatan Logo Brand yang dihasilkan akan mengantikan logo brand pariwisata "Kukar My Borneo" dan Logo Ekonomi Kreatif "Kukar The Magical Borneo" sebagai citra/identitas Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu “Kukar Asia Wonders”.

Simpan sebagai :

Berita terkait :