Serunya Mendaki Batu Dinding Samboja

Jumat, 25 September 2020

       Berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sempat ada yang bilang berada di Batu Dinding ini serasa seperti berada di Tembok Cina, bedanya Tembok Cina adalah buatan manusia sedangkan Batu Dinding adalah hasil buatan alam yang indah alami. Batu Dinding terletak di Jalan Soekarno Hatta, arah Balikpapan menuju Samarinda. Tepat di kilometer 45, di sebelah kiri jalan. Dari sanalah jalan masuk ke area batu dinding.

       Untuk menuju tempat ini tidaklah mudah, cukup menguras energi tetapi disitulah kita merasakan perjuangan untuk mendaki kepuncak. Lelah pengunjung akan terbayar saat menikmati panorama alam di sekitarnya.

       Pemandangan di Batu Dinding akan terlihat lebih indah pada saat matahari terbit maupun terbenam. Saat ini sudah semakin banyak pengunjung yang berminat mengunjungi Batu Dinding Samboja. Oleh karena itu sejak Tanggal 16 Maret 2020, masyarakat setempat membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan nama Pokdarwis Batu Dinding yang mengelola lokasi ini menjadi lokasi tujuan wisata agar lebih aman dan nyaman untuk dikunjungi.

       Untuk saat ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000 sd Rp. 10.000,- per kendaraan. Pokdarwis ini memliki tugas diantaranya adalah memandu pengunjung agar tertib saat menuju puncak bukit yang sempit dan terjal. Karena itu setiap pengunjung yang datang dihimbau agar berhati-hati saat menyusuri Batu Dinding. Pokdarwis Batu Dinding membuat pagar besi dan kayu serta tali, semua demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. Dimasa pandemi covid-19 ini, protokol kesehatan tetap diterapkan saat pengunjung datang.

Simpan sebagai :

Berita terkait :