Sosialisai Standarisasi Usaha Pariwsata DI Desa Kersik

Senin, 29 Juli 2019

     Pelaksanaan Sosialisasi Fasilitas Pengembangan IKM / KUB Di Objek Daerah Tempat Wisata (ODTW) 2019 yang berikutnya di laksanakan di Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu. Kegiatan ini di hadiri dari Dinas Perindustrian dan perdagangan Kab Kutai Kartanegara dan dari Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara yang di hadiri bapak M. Taufik Rahmani. SP. MP.

      Hadir sebagai pemateri dari Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Kab Kutai Kartanegara, M. Taufik Rahmani. SP. MP. Beliau menjelaskan beberapa hal mengenai Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Usaha Pariwisata. Standar Usaha Pariwisata adalah rumusan kualifikasi usaha pariwisata dan/atau klasifikasi usaha pariwisata yang mencakup aspek produk,pelayanan dan pengelolaan usaha pariwisata.

     Pentingnya Sertifikasi Usaha Pariwisata adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata untuk mendukung peningkatan mutu produk pariwisata, pelayanan dan pengelolaan usaha pariwisata melalui audit. Sertifikat Usaha Pariwisata adalah bukti tertulis yang diberikan oleh lembaga sertifikasi usaha pariwisata kepada usaha pariwisata yang telah memenuhi standar usaha pariwisata. Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata yang selanjutnya disebut LSU Bidang Pariwisata, adalah lembaga mandiri yang berwenang melakukan sertifikasi usaha di bidang pariwisata sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

      Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai Sapta Pesona merupakan jabaran konsep Sadar Wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam Sapta Pesona tersebut, yaitu : aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan. Untuk Usaha Taman Rekreasi adalah usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk berekreasi dengan bermacam-macam atraksi (PermenParEkraf No. 27 Tahun 2014).

Simpan sebagai :

Berita terkait :