Surganya Anggrek Di Kecamatan Kenohan

Jumat, 9 Oktober 2020

       Di Desa Kahala, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat hutan anggrek yang masih lestari, belum tersentuh manusia. Warga setempat menamakan tempat ini dengan sebutan Solong Pinang Abang. Beragam jenis anggrek, Anggrek Hitam, Anggrek Putih, Anggrek Merah, Anggrek Pisang, Anggrek Lipan, dan lain-lain ada di sini. Namun tanaman anggrek ini biasanya tumbuh saat musimnya, jika beruntung, kita bisa melihat beberapa anggrek yang indah mekar disana.

       Perjalanan dimulai dengan perahu dari kawasan penduduk menuju lokasi dengan membutuhkan waktu sekitar 30 menit menuju muara sebuah danau yang masuk kawasan Gambut Mahakam Tengah. Jika air danau sedang surut, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju tepi danau, melewati rawa basah. Berjalan kaki menembus hutan pun bisa ditempuh kurang lebih tiga jam.

       Penemuan hutan anggrek ini sebenarnya sudah diketahui beberapa tahun silam. Hanya saja, belum ada penjelajahan dan pengelolaan lebih lanjut. Status hutan ini pun masih masuk dalam Kawasan Budidaya Kehutanan. Status ini membuat kawasan hutan anggrek melarang aktivitas selain aktivitas kehutanan. Saat ini, pemerintah desa sedang melakukan upaya agar nantinya bisa jadikan sebagai hutan desa dan kita berharap jadi salah tujuan wisata karena memiliki potensi luar biasa untuk wisata anggrek di Desa Kahala Kecamatan Kenohan ini. Hingga kini, banyak media lokal maupun nasional tertarik datang melihat langsung tanaman anggrek meskipun jalur aksesnya cukup sulit.

Simpan sebagai :

Berita terkait :