Tampilan Belian Sentiu Dayak Benuaq

Sabtu, 27 Agustus 2016

      Dalam rangka memeriahkan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival salah satunya adalah Upacara Adat yang kali ini ditampilkan dari Sanggarr Tari Pondok Karya . mereka menampilkan tari Belian Sentiu, tampilan ini dilaksanakan di Plaza Pulau Kumala tepatnya dari pukul 16.00 Wita sampai selesai.
      Tari Belian Sentiu merupakan upacara adat yang dilakukan oleh suku Dayak Benuaq untuk mengobati orang sakit, dimana pada zaman dahulu kala apabila ada salah satu anggota keluarga yang sakit maka keluarga dari mereka melakukan upacara adat Belian Sentiu guna untuk menyembuhkan keluarga yang sakit tadi. Belian Sentiu bias dilakukan/dilaksanakanoleh satu pawing atau lebih.
      Pertama – tama para pawing meniup peluit (peluitdari taring macan/beruang) setelah itu para pawing membaca mantera guna memanggil roh para leluhur, kemudian para pawing menari – nari dan berputar – putar serta menghampiru orang yang sakit tadi guna menyembuhkannya keluarga yang sakit. Belian Sentiu ini juga di iringi alunan musik yang diantaranya kentangan (gamelan), gimbar (gendang), dan gendik (gong).

Simpan sebagai :

Berita terkait :