Tampilan Peserta Program Beasiswa Seni dan Budaya ( BSBI ) 2019

Minggu, 14 Juli 2019

     Seperti yang telah terjadwal bahwa 12 pelajar mancanegara yang masuk dalam peserta program Beasiswa Seni dan Budaya ( BSBI ) 2019 dari Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.  Akan tampil pada malam penutupan Pestival Kota Raja VIII. Persiapan pun telah di lakukan oleh para peserta ini untuk bisa menampilkan yang terbaik di atas panggung Tenggarong Fair yang berlokasi di halaman parkit Stadion Rondong Demang Tenggarong.
Para peserta BSBI ini akan menampilkan kemahiran serta mempersembahkan kesenian musik daerah Kutai dan Dayak, tarian jepen, gantar dan belian dari Dayak Benuaq. Pada awal tampil mereka menampilkan lebih dulu tarian asal negara mereka masing-masing, kemudian mereka mempersembahkan kesenian daerah yang sudah mereka pelajari di Kukar. Diketahui pada Pada tahun ini ke 12 orang peserta BSBI tersebut berasal dari Azarbaijan, Bangladesh, Fiji, Filipina, Jerman, Kamboja, Kiribati, Kolombia, Portugal, Serbia, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia.

      Dalam penampilan malam ini, para peserta terlebih dahulu menampilkan kesenian dari masing-masing negaranya, mulai dalam bentuk tarian hingga permainan musik. Dan penampilan mereka ini berhasil memukau seluruh penonton yang hadir, dalam acara penutupan Festival Kota Raja ke-VIII, di halaman parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Terlihat dari riuhnya tepuk tangan setiap kali para peserta ini tampil.
Adapun nama para poeserta BSBI ini ialah Ricardus William Djee Wau dari Indonesia, Nguyen Tai Loc dari Vietnam, Son Rina dari Kamboja, Raymart Dinoy Degamodari Filipina, Fatma Yusifova dari Azerbaijan, Era Chakma dari Bangladesh, Ines Laila Hildegard Mathilde Konelia Heimes dari Jerman, Ana Dobricic dari Serbia, Luisa Fernanda Montoya Forero dari Kolombia, Pedro Antonio de Sausa Saltao dari Portugal, Monika Rikita dari Kiribati, dan Adi Makelesi Tikoivuda Vakaliwaliwa dari Negara Fizi.

    Dan pada akhir penampilan, para peserta bersama-sama menampilkan tarian kesenian daerah khas Kutai, mulai dari Tarian Suku Dayak dan ditutup dengan Tarian Jepen Kutai, yang memang sudah dipelajari oleh para peserta BSBI selama 3 bulan berada di Kutai Kartanegara

Simpan sebagai :

Berita terkait :