Tari Jepen Ikut Dalam Partisipasi Pagelaran Kesenian Di HUT RI

Kamis, 29 Juli 2021

       Ditengah masa pandemi covid-19 yang masih belum stabil, tidak mengurangi semangat budaya yang dimiliki berbagai daerah khususnya Kalimantan Timur dalam hal ini Kabupaten Kutai Kartanegara nantinya akan ikut dalam rangkaian acara pagelaran kesenian nusantara secara virtual atau melalui video penayangan saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia nanti. Tarian Jepen Begenangan yang akan ikut andil dalam penanyakan secara nasional tergabung dalam kesenian-kesian daerah lainnya yang ada di seluruh nusantara.

       Sedikit mengulik Jepen Begenangan, yaitu tari dengan sebuah cerita tentang cinta sepasang kekasih yang saling merindu, tervisualkan dengan gerak mewakili rasa kecamuk mendayu dalam lara serta simbol cahaya lentera, mengantarkan begenangan (merindukan) makin terasa. Biarkan denting meresap pada desiran darah, menguntai nada, menyatukan karsa diantara kegelisahan merindu, bersinergi dengan cinta yang berlabuh pada ketetapan cahaya illahi.

       Pengambilan materi video ini dipersiapkan dalam rangka mewakili Propinsi Kalimantan Timur untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara kenegaraan di Istana Merdeka, acara ini bertajuk pagelaran kesenian nusantara secara virtual sebelum upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera HUT ke -76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

Simpan sebagai :

Berita terkait :