Tarian El Ghawazy Dari Egypt

Kamis, 26 September 2019

     Setiap harinya kunjungan masyarakat semakin ramai, dengan hadirnya pagelaran tarian yang berlangsung selama sepekan di anjungan atau halaman Pulau kumala Tenggarong, selain berwisata, masyarakat juga ada yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan secara langsung dan gratis para peserta TIFAF 2019, karna para delegasi dari luar pasti akan menari dan berinteraksi langsung dengan penonton yang hadir. Di awali dengan penampil dari dalam negeri, pada hari ini Indonesia di wakili dari sanggar seni Karya Budi Tenggarong Kutai Kartanegara.

    Menghadirkan tari khas Kutai yaitu tari Jepen yaitu Jepen Selamat Datang di Kota Raja, Berawal dari gerakan Jepen dan musik dasar tingkilan Kutai tradisi yang dikembangkan menjadi kreasi, tarian ini menggambarkan rasa suka cita dan kegembiraan para muda mudi dalam menyambut kedatangan tamu di kota wisata Tenggarong Kutai Kartanegara, dan juga mengungkapkan rasa cinta yang mendalam pada kampong halaman serta mencerminkan semangat dan motivasi untuk membangun daerah guna mewujudkan masyarakat yang peduli, kreatif, dan berbudaya dalam pergaulan budaya antar bangsa, guna memajukan pariwisata daerah dan nasional.

     Dari delegasi mesir mebawakan tarian El – Sharkia Group. Ada empat tarian yan di bawakan oleh para penari mesir. Tarian pertam bertema Tarian Pernikahan Sharkia merupakan tarian warisan masyarakat pedesaan Sharkia yang biasa dilakukan ketika acara pernikahan. Tarian kedua Al Hawaya pertunjukan atas kepiawaian gadis – gadis Sharkia dalam menggunakan kain yang disebut Al Hawaya, yang pada jaman dahulu digunakan oleh masyarakat untuk mengangkat kendi berisi air.

     Tarian ke tiga El Ghawazy memperkenalkan tarian yang menggambarkan kehidupan Bani yang mayoritas Gipsi, tarian ini sering di pertunjukan oleh gadis – gadis dalam pertunjukan di kota Sharkia dengan diiringi pemain seruling yang disebut Ghazulaty. Dan tarian ke empat ini melibatkan masyarakta yang menonton untuk menari bersama dengan para penari Mesir dengan menggunakan tongkat, dengan judul tarian tongkat lilin menarikan bersama tarian yang menunjukan Kepiawaian Gadis – gadis Sharkia dalam memainkan permainan Tongkat Lilin Diatas Kepala.

Simpan sebagai :

Berita terkait :