Wisata Gua Batu Gelap Di Desa Separi Akan Segera Dibuka

Rabu, 13 Januari 2021

       Dalam waktu dekat, objek wisata Gua Batu Gelap di Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang rencananya akan dibuka pada 2021. Meskipun belum dibuka untuk umum, sudah beberapa kali wisatawan mengunjungi gua tersebut, walaupun jumlahnya tidak banyak.

       Kepala Desa Separi, Bapak Sugianto belum lama ini mengatakan “Paling cepat tahun depan (2021), sudah kami buka secara umum objek wisata tersebut”. Dia mengatakan bahwa jalan menuju objek wisata tersebut masih susah untuk dilewati. Sebab, pengunjung yang datang ke gua harus mengambil jalan memutar melalui desa sebelah yakni Desa Suka Maju yang agak jauh. “Ini mau kami proses pembukaan jalan baru menuju objek wisata gua tersebut sepanjang 4 km. Melalui kegiatan yang anggarannya dari alokasi dana desa (ADD).”

       Selain itu, Desa Separi memiliki tiga objek destinasi wisata seperti Gua Batu Gelap, Waduk serta Air Terjun. Jika ini, lanjut Sugianto, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan baik, maka destinasi tersebut sangat menjanjikan untuk pendapatan desa. 

       Dengan hadirnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdaswis) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Separi sangat membantu pihak desa untuk mempromosikan destinasi wisata di Separi. “Kalau mau ke Gua Batu Gelap, di lokasi ada anggota Pokdarwis yang siap membantu dan mengarahkan para pengunjung,” kata Bapak Sugianto.

Simpan sebagai :

Berita terkait :