Workshop Sehari Manajemen Panggung Enent Festival

Kamis, 17 Oktober 2019

     Wokhshop Standar Manajemen Panggung Event / Festival yang berlangsung sehari di Pondok Jajak Indah Tenggarong, dihadiri dari berbagai penyelenggara even yang berada di Kutai Kartanegara, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari seniman Alumni IKJ Jakarta Sdr. Adji Nur Ahmad. Acara workshop ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata yang di wakili Kepala Bidang Pemasaran Wisata Drs. Witontro, sekaligus membuka acara Workshop ini.

     Dalam kesempatannya Drs. Witontro menyampaikan bahwa dengan hadirnya narasumber ini maka dengan pengalaman – pengalaman beliau yang ada di Jakarta tentunya dapat di tularkan kepada kita sebagai penyelenggara even dan menjadi pembelajaran untuk para peserta karna beliau sebagai penyelenggara event ibukota. Dalam mempersiapkan sebagai penyelenggara even di ibukota Negara, maka Ada 3 hal yang perlu di tekankan ke pada peserta untuk meningkatkan kunjungan wisata, pertama harus menyiapkan pelaksanaan promosi yang secara masip, dengan tujuan supaya orang luar tau, kita melihat baik dari dalam maupun luar Kaltim, bahkan yang dari Kota Balikpapan 2,5 juta kunjungan per tahun, Samarinda 2, 1 juta pertahun, dan Tenggarong 1,7 juta pertahun, dan kalu di kalkulasikan ada sekitar 6, 5 juta yang berada di sekitar Kukar. Dan di lihat untuk top ten wisnus dan lima besar wisman itu putarannya hanya di samboja, Tenggarong, dan di kawasan Pantai. Jadi peluangnya sangat besar, apa lagi nanti akan menjadi Ibukota Negara, pasti akan lebih banyak. Jadi tugas kitalah sebagai penyelenggara even, untuk mempromosikan supaya mereka tahu dan mereka juga bisa merencanaka perjalanan serta anggaran ke destinasi wisata di Kukar. Konsekuensi kita sebagai penyelenggara even, kita harus bisa menjalankan even sesuai ekspektasi para pengunjung nantinya.

    Sebelum Tanya jawab antar peserta dan narasumber, Sdr. Adji Nur Ahmad sedikit menyampaikan mengenai penyelenggara even, Jadi tantangan kita adalah bagaimana kita dapat meningkatkan penyelenggaraan even, di harapkan dengan workshop ini kita dapat memaksimalkan kemasan even kita supaya bisa optimal. Semoga kita bisa menyerap ilmu yang di berikan oleh Adji nur ahmad, mudahan dengan pengalamn beliau karna beliau seniman alumni IKJ Jakarta, beliau berkecimpung di site manager, festival director.

    Dimulai dari cara berpikir kita, bahwa aka nada konsekuensi dari pekerjaan kita sebagai penyelenggara even, kita harus siap untuk repot, karna kerepotan kita lebih banyak daripada para pekerja di bidang lain. Jadi meskipun di luar jam kerja atau di hari libur, kita harus siap selalu menerima informasi. Kita harus selalu siap menerima pertanyaan baik dari tim maupun rekan kerja kita. Kita juga di tuntut untuk memahami dasar – dasar manajemen,

Simpan sebagai :

Berita terkait :