RENSTRA

Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Satuan Kerja Perangkat Daerah diwajibkan membuat Rencana Strategis (Renstra SKPD) yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah serta berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan bersifat indikatif. Hal tersebut dimaksudkan agar perencanaan pembangunan nasional kegiatan pembangunannya berjalan efektif, efisien dan bersasaran.

Sebagaimana ketentuan tersebut, Rencana Strategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara yang memuat tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan disusun sesuai dengan tugas dan fungsi serta berpedoman kepada Rencana Kerja Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu Visi, Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Tahun 2016 - 2021, Sasaran dan Strategi Pembangunan, Arah Kebijakan Wilayah Pembangunan dan Arah Kebijakan Urusan Pariwisata.

Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD) digunakan untuk pedoman penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Kerja Perangkat Daerah (RENJA SKPD) yaitu dokumen perencanaan Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk periode 1 (satu) tahun dan akan dijabarkan ke dalam Rencana Program dan Kegiatan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA SKPD) dan Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD).

Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pariwisata 2016 – 2021 merupakan dokumen perencanaan rencana jangka menengah yang masih bersifat umum diperlukan penjabaran yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilaksanakan sesuai tugas dan fungsinya Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelaksanaan Rencana Strategis ini hendaknya senantiasa memahami keterkaitan antar unsur atau instansi terkait, termasuk unsur yang mewakili aspirasi masyarakat, agar kinerja yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan terhadap publik (akuntabel) serta dalam rangka menciptakan clean and good governance.

Renstra ini akan dijabarkan dalam Rencana Kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara setiap tahunnya. Untuk itu perlu ditetapkan kaidah-kaidah pelaksanaan sebagai berikut: Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dan masyarakat termasuk dunia usaha berkewajiban untuk melaksanakan program-program dalam Renstra ini dengan sebaik-baiknya dan Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016 - 2021 merupakan dasar evaluasi terhadap laporan pelaksanaan atas kinerja lima tahunan dan tahunan.

Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan indikator kinerja pada level sasaran dan kegiatan. Pengukuran dengan menggunakan indikator kinerja pada level sasaran digunakan untuk menunjukkan secara langsung kaitan antara sasaran dengan indikator kinerjanya, sehingga keberhasilan sasaran berdasarkan rencana kinerja tahunan yang ditetapkan dapat dilihat dengan jelas. Selain itu, untuk memberikan penilaian yang lebih independen melalui indikator-indikator outcomes atau minimal outputs dari kegiatan yang terkait langsung dengan sasaran yang diinginkan.

COVER  RENSTRA

cover renstra

 

1. KATA  PENGANTAR RENSTRA  Kabupaten Kutai Kartanegara,  data selengkapnya silahkan unduh file

2. RENSTRA  DINAS PARIWISATA  Kabupaten Kutai Kartanegara,  data selengkapnya silahkan unduh file