Statistik Fasilitas Pariwisata

Kegiatan pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara didukung pula oleh penyediaan fasilitas fasilitas lain. Fasilitas tersebut terdiri dari fasilitas Keuangan, Telekomunikasi, Kesehatan, Perbelanjaan, dan Kantor Pemerintahan. Kondisi fasilitas penunjang pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sudah cukup baik dan lengkap serta tersebar di berbagai wilayah, terutama di Kecamatan Tenggarong sebagai ibukota kabupaten. Perkembangan jumlah fasilitas penunjang dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir belum menunjukkan perubahan yang signifikan, sehingga masih cukup memadai.

Jenis jenis fasilitas yang mendukung penyelenggaraan kegiatan wisata Kutai Kartanegara adalah fasilitas keuangan terdiri dari bank sebanyak 56 unit, fasilitas pos dan telekomunikasi sebanyak 38 unit yaitu berupa 19 unit Kantor Pos dan 19 unit Kantor Telkom, fasilitas kesehatan sebanyak 32 unit yang dilayani oleh 2 (dua) unit RSUD dan 30 (tiga puluh) unit puskesmas, 11 (sebelas) unit fasilitas perbelanjaan, dan 63 unit kerja administrasi pemerintahan serta Jam Bentong fasilitas Pusat Informasi Pariwisata atau Tourist Information Centre (TIC) yang di buka sejak bulan Mei 2015.

Pada umumnya fasilitas fasilitas kepariwisataan tersebut terdapat di Kecamatan Tenggarong dan tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara, yang dapat melayani masyarakat umum maupun wisatawan.

Data fasilitas penunjang pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2014 disajikan dalam bentuk tabel yang memuat nama fasilitas penunjang, jenis fasilitas yang tersedia, lokasi, dan jam operasi fasilitas tersebut. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel di halaman selanjutnya..