Statistik Kunjungan Wisata

wisatawan di Kabupaten Kutai Kartanegara kecenderungannya semakin meningkat. Hal ini, seiring dengan telah dan akan dilakukannya perbaikan dan penambahan fasilitas dibeberapa daya tarik wisata. Kemudian pelaksanaan event tahunan yang berskala internasional dan nasional yaitu Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival ( EIFAF ), yang potensial sebagai salah satu daya tarik wisata budaya. Sementara itu, untuk inprastruktur menuju objek wisata pariwisata masih dalam pengembangan pembangunan dan perbaikan.

untuk data jumlah kunjungan wisatawan tahun 2017, yaitu sebanyak 1.795.245 orang. Data yang telah terkumpulkan tersebut, meliputi data daya tarik wisata yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara, data kunjungan tamu di akomodasi dan data penyelenggaraan MICE. Rincian selengkapnya yaitu sebesar 43.72% atau 784.984 orang pengunjung ke daya tarik wisata Buatan yang datang ke Pulau Kumala, Ladang Budaya (Ladaya), dan Lamin Etam Ambos Samboja.Sebesar 37.86% atau 678.686 orang pengunjung ke daya tarik wisata Budaya antara lain Museum Mulawarman,Situs Makam Raja Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Event Budaya, dan Situs Makam kutai Lama Anggana. Sebesar 14.83% atau 266.188 orang pengunjung ke daya tarik wisata Alam yaitu Borneo Orangutan survival Foundation (BOSF), Kawasan Bukit Bangkirai Samboja, Pantai Tanah Merah, Pantai Pangempang dan Desa wisata Kersik. Sebanyak 3.58% atau 64.214 orang pengunjung ke fasilitas Akomodasi atau hotel, dan sebanyak 0.01% atau 173 orang pengunjung dalam penyelenggaraan MICE CIOFF di Tenggarong.

Berdasarkan hasil kajian Neraca Satelit Pariwisata Daerah (NESPARDA) Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2013, maka karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara untuk wisatawan nusantara berkisar antara umur 14-62 tahun dan wisatawan mancanegara berkisar antara 21-69 tahun. Sebagian besar wisatawan nusantara yaitu 48% dari Kutai Kartanegara, 43% dari Kalimantan Timur, dan 9% dari luar Kalimantan Timur. Sedangkan sebagian besar wisatawan mancanegara yaitu berasal dari Australia, Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan Italia.

Berdasarkan tingkat pendidikan, pada umumnya wisatawan nusantara sebesar 44% berpendidikan tamat SLTA, sedangkan wisatawan mancanegara 58% berpendidikan Diploma. Kemudian wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara sebagian besar merupakan mereka yang termasuk golongan ekonomi menengah ke atas, dengan pendapatan antara RP.2.500.000,- sampai dengan RP.5.000.000,-. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara pendapatan per bulannya lebih dari Rp.5.000.000,-.

Di lihat dari Motivasi pengunjung, bahwa wisatawan nusantara sebesar 83% dan wisatawan mancanegara sebesar 65% datang ke Kabupaten Kutai Kartanegara adalah ingin liburan / rekreasi atau ber senang –senang. Sedangkan lama tinggal untuk wisatawan nusantara adalah 1.95 hari, dan wisatawan mancanegara adalah 5.76 hari. Alam yang masih asri / indah, budaya yang unik, keadaan lingkungan yang aman dan tenang merupakan tiga hal paling berkesan bagi wisatawan untuk lama tinggal di Kabupaten Kutai Kartanegara.