Statistik Tenaga Kerja Pariwisata

Salah satu komponen kepariwisataan adalah faktor sumber daya manusia. Kegiatan kepariwisataan memberikan pangaruh yang luas terhadap dimensi kehidupan masyarakat, termasuk penyediaan lapangan kerja.

Penyerapan tenaga kerja di sektor pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara terkait langsung dengan jenis lapangan usaha yang tersedia pada usaha pariwisata pada tahun 2017, seperti tenaga kerja pada Usaha penyediaan makanan dan minuman yaitu merupakan usaha pariwisata yang paling banyak menyerap tenaga kerja sebanyak 919 orang, usaha penyedia akomodasi sebanyak 530 orang , usaha daya tarik wisata sebanyak 512 orang, dan usaha perjalanan wisata sebanyak 121 orang serta sebanyak 284 orang sumber daya manusia pada Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara.

Karakteristik tenaga kerja pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dapat ditinjau berdasarkan tingkat  jenis kelamin, dari jumlah tenaga kerja yang terdata adalah sebanyak 2.266 orang.  Jenis Kelamin laki-laki sebanyak 1.424 orang (62,84%) lebih banyak terserap dibandingkan tenaga kerja perempuan sebanyak 842 orang (37,16%).

Tenaga pramuwisata yang terdapat di Kutai Kartanegara hanya berjumlah 19 orang. Dari jumlah tersebut, 9 orang yang menguasai bahasa Inggris.

Sementara itu, sumber daya manusia yang bekerja pada Dinas  Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2017 yang berlatar belakang pendidikan pariwisata pun masih terbatas, yaitu hanya berjumlah 4 orang (1,41%), terdiri dari 4 orang berpendidikan diploma pariwisata.