Sektor Wisata Rekreasi Tetap Eksis Meski Ditengah Pandemi

Kamis, 29 April 2021

       Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat banyak sektor ekonomi bertumbangan, termasuk pariwisata. Sejak penerapan adaptasi kebiasaan baru, sektor ekonomi paling menggeliat di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah pariwisata. Sejumlah taman rekreasi bermunculan di banyak tempat terlebih saat pandemic ini ada hingga tahun 2021 saat ini. Tak hanya itu, selama masa pandemi, sejumlah tempat wisata punya waktu untuk mempercantik dan merenovasi fasilitas wisatanya. Salah satu contohnya adalah pantai Panrita Lopi di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Saat adaptasi kebiasaan baru mulai diterapkan, pantai ini tak pernah sepi pengunjung hingga pantai-pantai lain mulai bergeliat mengembangkan pariwisata pesisirnya dengan penerapan protokol kesehatan yang diterapkan.

       Saat pengetatan aktivitas sosial akibat pandemi, banyak pengelola taman rekreasi yang merenovasi dan melengkapi fasilitas di tempat usaha mereka. Sementara itu, taman rekreasi baru juga bermunculan. Taman rekreasi itu dikelola oleh perseorangan, kelompok masyarakat, hingga pemerintah desa. Semuanya seolah menawarkan fasilitas hiburan yang menarik dan unik dengan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi. Plt Kepala Dinas Pariwisata Pariwisata Kab Kutai Kartanegara Tauhid Afrilian Noor. SP. M.Si. menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang membuka usaha di bidang wisata ini. “Memang kami catat selama pandemi Covid ini bermunculan beberapa tempat wisata baru seperti Taman Gubang maupun Kembang Jaong.

       Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pariwisata Kukar membantu pengelola tempat wisata seperti taman rekreasi dalam bentuk konsep dan promosi. Selain itu, upaya menopang tempat wisata dengan aksesibilitas juga terus dikembangkan. “Kalau pendanaan biasanya dalam bentuk hibah kita berikan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk setahun, sudah menunjukkan kinerjanya,” tambah Plt Kepala Dinas Pariwisata Pariwisata Kab Kutai Kartanegara Tauhid Afrilian Noor. SP. M.Si. Pendampingan pemerintah kepada tempat wisata juga dibantu oleh sejumlah pihak seperti Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), dan kelompok masyarakat lainnya yang peduli terhadap pengembangan sektor pariwisata.

Simpan sebagai :

Berita terkait :